Tiba di Negeri Austria – Proses Administrasi Lanjutan


Herzlich Willkommen in Graz…!!!
Selamat Datang di Graz…!!!

Akhirnya, sampai juga di kota Graz, The City of Design (Pengharagaan dari UNESCO terhadap kota Graz pada tahun 2011). Perjalanan panjang proses administrasi di Indonesia yang cukup melelahkan akhirnya membuahkan hasil. Selamat menikmati keindahan kota Graz. Tapi jangan terlena, masih ada beberapa proses administrasi lanjutan yang perlu diurus setibanya kita di Austria. Tapi tidak perlu khawatir, asalkan semua persyaratan lengkap, insyaAllah proses tersebut tidak memerlukan waktu yang sangat lama.

Berikut penjelasan mengenai proses administrasi lanjutan yang perlu diurus setibanya kita di Austria.

  1. Registrasi di Universitas
    Proses registrasi ini dilakukan di Admission Office masing-masing universitas. Kedatangan kita ke Admission Office ini adalah untuk mendapatkan invoice pembayaran Tuition Fee dan Student Union, untuk kemudian kita bayarkan ke Bank yang ditunjuk. Setelah kita membayar, sekitar 3-4 hari kerja kemudian kita akan memperoleh konfirmasi bahwa pembayaran kita telah diterima oleh pihak universitas. Dengan konfirmasi ini maka kita bisa mengunduh dan/atau mencetak lembar konfirmasi pendaftaran semesteran yang bernama “Studienbestätigung” dan “Studienzeitbestätigung” dari akun student kita di universitas. Kedua dokumen tersebut diperlukan untuk mengurus berbagai administrasi kependudukan kita di Austria.
  1. Surat Keterangan Tempat Tinggal (Meldezettel)
    Meldezettel adalah surat keterangan yang menerangkan bahwa kita terdaftar sebagai warga kota Graz dengan alamat yang sesuai dengan rumah yang kita sewa. Registrasi kependudukan ini dilakukan di Graz Servicestellen yang terletak di Schmiedgasse 26, (atau bisa juga ke servicestelle terdekat lainnya yang sesuai dengan distrik tempat kita tinggal). Jika kemudian kita pindah rumah, maka kita harus kembali ke kantor tersebut untuk mengubah status registrasi kependudukan kita.
    Untuk melakukan registrasi tersebut, kita cukup membawa:

    1. Form Meldezettel yang sudah ditandatangani oleh kita sebagai penyewa dan pemilik rumah/apartemen yang kita tempati.
    2. Paspor

    Kantor Servicestelle

  1. Pembukaan Rekening
    Sebagai penerima beasiswa, tentu kita perlu yang namanya rekening bank. Rekening ini digunakan sebagai sarana transaksi kita untuk menerima transfer beasiswa yang kita peroleh.
    Untuk membuka rekening bank tersebut, kita cukup datang ke kantor cabang bank yang kita inginkan. Dalam kasus saya, saya menggunakan jasa perbankan dari Bank Austria yang berada di Herrengasse, Graz. Dokumen yang perlu kita persiapkan adalah:

    1. Meldezettel
    2. Paspor
    3. Studienbestätigung
    4. Surat Keterangan Beasiswa
    5. Student Card

    Bank Austria, Cabang Herengasse, Graz

  1. Pengurusan Asuransi
    Kesehatan merupakan hal yang sangat mahal ketika kita berada di luar negeri. Sebagai gambaran, untuk periksa gigi sekali datang saja kita perlu keluar uang sekitar EUR70 (IDR 1.000.000). Tapi hal biaya kesehatan tersebut akan sangat terbantu jika kita memiliki asuransi kesehatan yang memadai. Sebagai student, tentu asuransi yang kita gunakan adalah asuransi student. Jika studi kita di Austria ini difasilitasi oleh OeAD dan masih single (baik memang belum menikah atau tidak ada rencana membawa keluarga), maka OeAD akan menawarkan asuransi student yang berasal dari UNIQA. Pada saat saya mulai studi di Austria, premi asuransi UNIQA sekitar EUR54.
    Tapi jika kita ada rencana membawa keluarga kita untuk tinggal bersama di Austria, maka kita perlu mencari asuransi lain yang sekaligus meliputi perlindungan kesehatan bagi anggota keluarga kita. Salah satu alternatif yang preminya cukup bersaing adalah Asuransi GKK. Kita mengajukan skema asuransi yang bernama “Selbstversicherung”. Premi dasar untuk skema asuransi ini sebenarnya cukup mahal yaitu sekitar EUR425. Tapi kita bisa mengajukan keringanan kepada pihak GKK dengan alasan bahwa kita adalah mahasiswa beasiswa, sehingga premi yang kita harus kita bayar menjadi sekitar EUR100.
    Untuk bisa mengajukan asuransi di GKK ini, maka kita perlu menyiapkan:

    1. Form Aplikasi yang sesuai
    2. Meldezettel
    3. Paspor
    4. Studienbestätigung
    5. Surat Keterangan Beasiswa
    6. Student Card

    Sebenarnya, GKK menyediakan juga skema asuransi bagi student. Asalkan saat kita masih menjalani studi, usia kita masih di bawah 26 tahun, atau menyelesaikan program master paling lambat 12 bulan sebelum program studi doktoral dijalankan (Studienförderungsgesetz 1992 §15(4)).

    Setelah kita memperoleh konfirmasi persetujuan pengajuan asuransi kita dan mendapatkan kartu asuransi atas nama kita, maka selanjutnya kita dapat mengajukan keringanan biaya obat. Pengajuan ini dapat dilakukan di bagian Layanan Konsumen Kantor GKK terdekat dengan meminta form “Rezeptgebührenbefreiung” dan melampirkan surat keterangan beasiswa yang kita peroleh.

    Jika kita memiliki rencana untuk membawa keluarga kita untuk tinggal bersama di Austria ini, saya menyarankan pengajuan “Rezeptgebührenbefreiung” ini dilakukan setelah keluarga kita datang di Austria dan sudah mendapatkan nomor asuransi. Ini karena ketika kita mengisi form “Rezeptgebührenbefreiung terdapat kolom anggota keluarga dalam form tersebut. Supaya anggota keluarga kita mendapatkan juga keringanan biaya obat ketika harus menebus resep dari dokter.

    Kantor GKK

  1. Pengambilan Kartu Resident Permit
    Langkah terakhir untuk menyempurkan status kependudukan kita di Graz adalah kepemilikan kartu izin tinggal atau resident permit yang bernama “Aufenthaltstitel”.
    Pengambilan kartu resident permit ini dapat dilakukan di kantor Landesregeirung yang terletak di Paulustorgasse 4, 8010 Graz, dengan membawa:

    1. Meldezettel
    2. Paspor
    3. Studienbestätigung
    4. Surat Keterangan Beasiswa
    5. Student Card

    Landesregeirung Graz

Dan… resmilah kita sebagai warga pendatang kota Graz. Kartu Aufenthaltstitel ini adalah pelengkap paspor yang kita miliki. Selamat menikmati keindahan kota Graz, The city of Design.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Jejak Austria dan tag , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Tiba di Negeri Austria – Proses Administrasi Lanjutan

  1. Ping balik: Berangkat ke Negeri Austria – Persyaratan Resident Permit | Prasetiyono's Weblog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s