Tiba di Negeri Austria – Graz “The City of Design”


5 Oktober. Sebuah tanggal bersejarah di Indonesia yang menandakan berdirinya cikal-bakal Tentara Nasional Indonesia, yaitu berubahnya Badan Keamanan Rakyat (BKR) menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR). Tapi bagi saya di tahun 2015, tanggal tersebut merupakan sebuah tonggak bersejarah dimulainya perjuangan baru di seberang samudera sana untuk meningkatkan kapasitas diri.

Ya, 5 Oktober 2015 adalah hari di mana saya berangkat ke Austria untuk memulai episode lain kehidupan yang bertajuk “Menuntut Ilmu di Negeri Seberang”. Tapi kalau kata Cak Lontong, “kenapa kita harus menuntut ilmu, kan ilmu tidak ada salah apa2 ke kita” hehehe… 😀

Setelah perjalanan udara yang cukup panjang sekitar 18 jam dengan transit di Dubai selama 3 jam, akhirnya saya tiba di Austria lewat Bandara Vienna. Kemudian saya melanjutkan perjalanan sekitar 2,5 jam menggunakan kereta menuju kota tujuan saya, yaitu Graz, The City of Design.

Karena tiba di kota Graz ini pada sore hari dan kantor OeAD sudah tutup, maka terpaksa saya menginap dulu di rumah salah seorang keluarga Indonesia yang tinggal di Graz, Austria. Sebenarnya sih mereka adalah suami-istri yang merupakan kakak kelas dan adik kelas saya ketika studi S1 di ITB dulu. 🙂

Keesokan harinya, barulah segala proses administrasi lanjutan dilakukan dengan terlebih dahulu mendatangi kantor OeAD untuk memperoleh kunci apartemen yang saya sewa dan Admission Office TU Graz untuk melakukan pendaftaran resmi sebagai mahasiswa S3 di sana.

Saat kita datang ke OeAD mereka akan menjelaskan secara rinci proses administrasi lanjutan yang perlu kita lakukan seperti:
1. Surat Keterangan Tempat Tinggal (Meldezettel)
2. Pembukaan Rekening
3. Pengurusan Asuransi
4. Pengambilan Kartu Resident Permit.

Dengan mengikuti penjelasan mereka saja, sudah sangat membantu. Tapi saya coba tuliskan lagi di postingan berikutnya, karena barangkali ada mahasiswa Indonesia yang studi di Austria tanpa melalui asistensi OeAD.

Saat berjalan keliling kota menyelesaikan proses administrasi tersebut, tidak ada salahnya sambil jepret sana jepret sini mengambil beberapa pemandangan menarik tentang kota Graz.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Untuk cerita tentang kehidupan kota Graz, nanti ya.. menyusul di sesi postingan berikutnya. Sekarang mau selesaikan dulu mengenai tulisan yang bersifat administratif untuk membantu teman-teman yang akan studi ke Austria.
Please be patience for the lovely story in Graz. 😉

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Jejak Austria dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Tiba di Negeri Austria – Graz “The City of Design”

  1. Ping balik: Tiba di Negeri Austria – Proses Administrasi Lanjutan | Prasetiyono's Weblog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s