Rudolf Kompfner “Ilmuwan Gelombang Mikro berlatar belakang arsitektur”


Dalam perjalanan kuliah “The ICE age” yang saya ikuti selama semester ini, sampailah pada tugas presentasi mengenai tokoh-tokoh yang ada di balik Bell Laboratory. Dan saya mendapat kocokan untuk mempresentasikan seorang tokoh yang bernama Rudolf Kompfner.

Bagi para penggiat Rekayasa Gelombang Mikro atau bahasa kerennya biasa disebut dengan RF/Microwave Engineering tentu tidak asing lagi dengan berbagai jenis tabung gelombang mikro (Microwave Tube), seperti Klystron, Magnetron, ataupun Traveling-Wave Tube dengan berbagai aplikasinya seperti pembangkit gelombang mikro maupun amplifier. 

Ya.. Traveling-Wave Tube yang saat ini kita gunakan merupakan hasil pengembangan dari Rudolf Kompfner yang kemudian dipatenkan pada tahun 1943 (kita mah masih sibuk persiapan kemerdekaan ya..) Menariknya, Kompfner adalah seorang yang berlatar belakang arsitek, namun karena kecintaannya pada ilmu fisika khususnya elektronika, beliau menghabiskan waktunya untuk mendalami dan mengembangkan bidang elektronika komunikasi.

Kompfner adalah pria berkebangsaan Austria yang lahir di kota Wina pada tahun 1909. Beliau memperoleh gelar Dipl. Ing pada bidang arsitektur dari TH Wien pada tahun 1933. Kemudian beliau pindah ke Inggris dan bekerja sebagai arsitek pada Franey and Sons, Builders pada tahun 1936-1941. Menariknya, selama bekerja sebagai arsitek ini, beliau tetap mendalami bidang fisika secara otodidak, dan selama kurun waktu tersebut beliau berhasil menemukan “Split beam oscilloscope tube.”

Atas talentanya tersebut, dia akhirnya direkrut oleh Prof. M. L. Oliphant dari Departemen Fisika Universitas Birmingham untuk melakukan penelitian rahasia mengenai Tabung Gelombang Mikro. Kompfner ditugaskan untuk mengembangkan Low Noise Amplifier berbasis Klystron, hingga pada tahun 1943 beliau berhasil mengembangkan TWT yang merupakan perbaikan dari desain awal yang dikembangkan oleh Andrei “Andy” Haeff pada sekitar tahun 1931. Meskipun TWT ini pada awalnya dikembangkan oleh Andy, namun pada akhirnya penghargaan terhadap penemuan TWT diberikan kepada Kompfner yang kemudian menjadi era baru bagi penggunaan TWT.

Setelah menyelesaikan program doktoralnya di Oxford University pada tahun 1951, beliau kemudian bergabung ke Bell Laboratory dan bekerja bersama John R. Pierce dan Lester M. Field untuk mengembangkan lebih lanjut TWT bagi teknologi komunikasi.

Atas kontribusi besarnya tersebut, pada tahun 1973, IEEE memberikan penghargaan yang sangat prestisius yaitu IEEE Medal of Honor dengan rekognisi :

“For a major contribution to world-wide communication through the conception of the traveling wave tube embodying a new principle of amplification.”

Berikut adalah slide yang saya presentasikan di kelas:

screenshot-2017-01-10-17-12-44

Referensi:

  1. http://ethw.org/Rudolf_Kompfner
  2. https://en.wikipedia.org/wiki/Traveling-wave_tube
Iklan
Pos ini dipublikasikan di Scientist. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s