Berbagi Tiket Tram


Ada pemandangan unik yang saya temukan setelah beberapa bulan berada di salah satu kota pelajar di negeri Franz Joseph ini. Pemandangan yang lumrah terjadi di atas tram sebagai moda transportasi publik yang biasa saya gunakan untuk bepergian baik ke kampus, alun-alun kota, maupun pusat belanja (hehehe…). Pemandangan tersebut adalah ada kebiasaan para pengguna tran untuk berbagi tiket. Kok bisa… ?

20160711152257aJadi, setiap penumpang yang akan menggunakan moda transportasi publik di Graz diwajibkan memiliki tiket, kecuali anak di bawah usia 6 tahun. Tiket yang dapat digunakan pun bervariasi, dari mulai tiket yang dapat digunakan hanya 1 jam, 24 jam, 1 minggu, 1 bulan, maupun tiket langganan 1 tahun.

Nah, keunikan terjadi pada tiket yang hanya berlaku 1 jam. Tidak semua penumpang betul2 menggunakan tiket tersebut dalam 1 jam. Ada penumpang hanya menggunakan tiket untuk berpindah sekitar 3 halte, atau meskipun dari ujung-ke-ujung trayek suatu tram tidak sampai 30 menit. Oleh karen itu, setiap penumpang yang hanya perlu menggunakan tiket tersebut dalam beberapa menit, dengan sukarela menyimpan kembali tiket tersebut di atas box pembayaran agar dapat digunakan kembali oleh penumpang berikutnya tanpa perlu membeli tiket lagi. Maklum, jika ketika ada pemeriksaan dan tidak dapat menunjukkan tiket, maka denda senilai € 50 pun sudah menanti.

Begitu seterusnya tiket tersebut digunakan secara bergiliran sampai masa berlaku 1 jam tiket tersebut habis. Bahkan saya pernah melihat seorang penumpang langsung mendekati seseorang yang akan membeli tiket untuk memberikan tiket yang dia miliki karena sudah akan turun di halte berikut.

Entah siapa yang memulai kebiasaan ini.. Tapi ini seperti Tipping Point. Ketika ada seorang yang memulai suatu kebiasaan baik, maka kebiasaan tersebut akan menular kepada orang-orang sekitarnya. [PHM]

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Celotehan, Jejak Austria, Travelling. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s