Plastik sebagai Penghantar Listrik


Pagi tadi, saat saya membaca artikel2 sains yg dimuat di kompas.com, ada sebuah artikel yg membangktikan “ruh” pengetahuan sy dalam bidang elektronika, meskipun aslinya saya “bergerak” di bidang telekomunikasi. Tapi, ga apa2 lah, masih satu rumpun. (hehe..).

Artikel di kompas elektronik itu membahas mengenai hasil penelitian yg telah berhasil “menyulap” plastik yg biasanya sebagai isolator, kini menjadi konduktor. Bahkan diklaim memiliki konduktivitas yg lebih baik daripada konduktor2 yg telah ada di pasaran. Penelitian ini berhasil dikembangkan di Australia oleh Profesor Paul Meredith dan Profesor Ben Powel yang berasal dari University of Queensland serta Profesor Adam Micolich dari University of New South Wales.

Proses pembuatan konduktor dari plastik itu adalah dengan menempatkan film logam tipis di atas lembaran plastik yang disatukan pada permukaan polimer dengan menggunakan sinar ion. Metode sinar ion ini ternyata dapat digunakan untuk membuat film plastik yang murah, kuat, lentur, serta memiliki kemampuan untuk mengalirkan arus listrik.

Meskipun dalam industri mikroelektronik ini teknik sinar ion sudah digunakan secara luas untuk menentukan daya konduksi semikonduktor seperti silikon. Namun upaya untuk menerapkan proses serupa pada film plastik yang dilakukan sejak 1980 baru bisa membuahkan hasilnya tahun ini.

“Kami telah berhasil menggunakan sinar ion untuk menyesuaikan sifat film plastik agar dapat menghantarkan listrik seperti halnya pada logam yang dipakai pada kabel listrik,” terang Meredith. Selain itu, menurut Meredith, teknik sinar ion itu juga memungkinkan film plastik berfungsi sebagai superkonduktor serta mengalirkan arus listrik tanpa tahanan jika didinginkan sampai suhu tertentu.

Semoga saja, hal ini dapat menjadi inspirasi bagi para peneliti dalam negeri untuk mengembangkan sumber daya lokal menjadi suatu hal yang bernilai manfaat tinggi dan ekonomis. [PHM]

sumber : Sains Kompas

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Teknologi dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s