Review Makalah dan Tafsir Al-Quran


Tergelitik oleh status yang saya buat sendiri di Facebook malam tadi. Pada saat itu saya sedang melakukan penelusuran beberapa jurnal ilmiah untuk menguatkan pemahaman saya dalam melakukan penelitian dan tugas yang sebenarnya sedang malas dikerjakan. Pada saat membaca jurnal-jurnal ilmiah itu saya teringat sebuah mekanisme untuk menafsirkan ayat-ayat dalam Al-Quran. Dan ternyata keduanya memiliki mekanisme yang identik.

Ketika kita mencoba untuk memahami suatu topik pada sebuah jurnal ilmiah atau biasanya disebut dengan paper, biasanya kita akan mencari dan merujuk paper lainnya pada saat kita tidak memahami suatu poin pada topik itu. Dan itu terus dilakukan secara bertingkat untuk bisa memahami topik tersebut secara keseluruhan. Misal, ketika kita mencoba untuk memahami suatu topik pada paper A, maka kita akan merujuk pada paper B. Ketika pada paper B ini pun belum menemukan jawaban yang memadai, maka kita akan merujuk lagi pada paper lainnya, katakanlah paper C. Dan itu terus dilakukan sampai kita menemukan inti pengetahuan dari topik paper itu.

Begitupun dengan memahami Al-Quran yang merupakan petunjuk hidup seorang muslim. Ketika kita mencoba untuk memahami suatu ayat dalam Al-Quran, maka mekanisme yang dilakukan adalah kita mencari ayat lain dalam Al-Quran yang dapat menjelaskan ayat tersebut, atau mencari sebuah hadits yang dapat menjelaskannya, atau jika tidak ditemukan maka kita merujuk pada ijtihad para ulama.

Begitulah kira-kira kemiripan mekanisme review jurnal ilmiah dengan penafsiran ayat-ayat dalam Al-Quran. Sehingga, sebagai ilmuwan muslim yang benar-benar beriman, maka dia akan menafsirkan ayat-ayat dalam Al-Quran dengan mekanisme yang tadi disebutkan di atas untuk menguatkan pondasi dasar dalam pemahamannya sehingga memiliki landasan yang kuat. Sebagaimana yang dia lakukan dalam memahami jurnal-jurnal ilmiah agar hal-hal yang dia kemukakan menjadi berdasar. [PHM]

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Hikmah, Teknologi dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s