Optimalisasi Transmisi Video Pada WSN


Wireless Sensor Networks (WSNs) adalah sebuah kelas jaringan yang memungkin untuk digunakan pada berbagai aplikasi potensial dalam bidang kesehatan, militer dan pemantauan lingkungan. Secara umum, jaringan ini sering digunakan untuk melakukan pengamatan dalam kondisi daerah pengamatan dan tempat pengamat berada pada posisi yang saling berjauhan, sehingga dibutuhkan media yang memadai untuk dapat mengirimkan data-data hasil suatu pengamatan. Secara umum pula, data-data hasil pengamatan tersebut ada yang berupa gambar 2 dimensi maupun gambar video.

Dalam penggelaran jaringan sensor wireless, efisiensi spektrum frekuensi sangat perlu untuk dapat dijadikan pertimbangan dalam hal bandwidth, karena alokasinya yang sangat terbatas. Pada saat ini, data-data pengamatan berupa video (seperti kondisi lalu lintas) terkirim dengan resolusi yang sudah cukup baik, meskipun gambar video yang teramati masih memiliki delay yang cukup signifikan, sehingga gambar terlihat putus. Dan sudah barang tentu, users sangat menginginkan bentuk gambar yang tidak terputus-putus.

Oleh karena itu, dalam materi artikel yang akan disusun kemudian hari, akan dibahas mengenai skema scheduling paket yang efektif untuk meminimasi distorsi video dan mengefisienkan konsumsi daya melalui multipath jaringan sensor multimedia nirkabel. Efesiensi skema scheduling paket video ini ditentukan pula oleh efiensiensi dari algoritma yang digunakan. Hal itupun yang akan dibahas dalam artikel tersebut.

Dikutip dari Paper Ilias Politis, Michail Tsagkaropoulos, dan Stavros Kotsopoulos (Prosiding konferensi IEEE “GLOBECOM” 2008)

*ditampilkan juga di http://www.teletrafik.org/

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Teknologi dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Optimalisasi Transmisi Video Pada WSN

  1. Prasetiyono Hari Mukti berkata:

    sorri belum lengkap. Masih versi abstraksi. InsyaAllah di kesempatan berikutnya versi lengkap papernya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s