Pengalaman Menarik…


Kemarin, Kamis, 30 Oktober 2008 adalah hari pertama saya melewati jalanan di bilangan Mampang Prapatan Jakarta Selatan dengan menggunakan motor yang dipinjamkan oleh kantor. Motor yang cukup besar, sampai-sampai teman-teman di tempat tinggal bilang, “Hati-hati, Pras.. Ntar bukan motornya yang dibawa malah Pras yang terbawa”. Ucapan teman-teman saya dengan sedikit candaan. Terus, ada bilang juga, “Hati-hati, ntar malah nyasar lho, ga bisa balik lagi”. Sepontan saya jawab, “Ya.. Semoga feeling seorang travelling saya masih jalan, jadi bisa meraba-raba jalanan di daerah tersebut.

Ok.. Kunci motor dan STNK pun saya dapatkan. Dan tujuan pertama saya adalah GraPARI Telkomsel yang berada di Jalan Gatot Subroto untuk mengaktifkan kembali SIM kartuHALO saya yang sempat hilang saat berada di Semarang kemarin. Perjalanan dari tempat tinggal saya ke Telkomsel yang menurut saya dekat itu ternyata ditempuh dengan waktu yang cukup lama, sekitar 30 menit. Bukan karena saya nyasar atau lainnya, tapi begitu saya masuk Jalur ke arah yang dituju, jalan tersebut sangat macet. DItambah lagi rasa was-was karena baru pertama kalinya melintasi jalanan di Jakarta dengan kendaraan pribadi, khawatir salah belok atau masuk jalan, ntar ada tiupan peliut polisi. Gawat kan kalau gitu. Saat sudah sampai di persimpangan Gatot Subroto, saya pun bertanya kembali pengendara motor di sebelah yang sedang berhenti untuk memastikan bahwa tempat saya dituju itu belok kiri dan motor boleh masuk. Ternyata boleh, dan tancappp gasss… Mak Nyos.. Sampai juga saya di Wisma Mulya tempat graPARI berada.

Semua urusan di sana pun diselesaikan, dari mulai aktivasi sim card sampai mengecek rekening BNI saya. Tapi masalah tidak selesai sampai sini. Kebingungan berikutnya muncul. Dengan jalur mana saya bisa kembali ke daerah Mampang Prapatan untuk berikutnya ke kantor yang ada di bilangan Kemang Selatan. Berdasarkan peta yang saya baca sih, di belakang wisma mulya itu ada jalan tikus yang nembus jalan Mampang. Tapi saya ga tahu masuknya dari mana. Beruntung saya memberanikan diri bertanya kepada petugas parkir, dan mengatakan bahwa terus aja ikutin jalur ini, nanti ada belokan kiri pertama, masuk situ. Saya ikuti, dan Alhamdulillah saya pun sampai ke kantor hanya dalam kurang lebih 10 menit. Perbedaan yang cukup signifikan antara berangkat dan pulang.

Hal menarik terjadi juga saat perjalanan pulang. Saya tidak bisa melewati jalan yang biasa dilewati saat pulang dengan metromini karena terbawa arus kendaraan ke arah yang lain. Namun, arah tersebut masih berada dalam pengetahuan saya. Dua hal yang terjadi adalah salah belok masuk jalan tikus, karena salah mengira shelter transjakarta yang menjadi patokan saya untuk belok. Seharusnya ada shelter yang berikutnya.  Yang kedua adalah keraguan apakah boleh belok kanan atau tidak. Tapi setelah melihat beberapa motor yang menyalakan lampu sen ke kanan, saya pun menjadi yakin.

Ah.. Pengalaman yang unik.. Semakin menantang saya dapat menaklukan jalanan di Jakarta dengan otodidak. Dan ternyata sering bertanya di jalan itu sangatlah tidak memalukan. Daripada kita nyasar dan itu lebih memalukan. [PHM]

Pos ini dipublikasikan di Celotehan. Tandai permalink.

2 Balasan ke Pengalaman Menarik…

  1. Eri irawan berkata:

    ha..ha.. kang prast ini perlu belajar pada temannya yang satu ini (saya maksudnya) ttg menyasar.. klo saya, pergi ke suatu tempat tanpa menyasar adalah suatu hal yang patut disyukuri, karena biasanya saya mah nyasar dulu baru nyampe… jadi mental sebagai Nyasab-er agak sedikit terbentuk:).he..he..

    pengalaman unik kang..

  2. harimukti berkata:

    Wah… Kalau pakai nyasar terus mah wasting time, boss… Jadi ga pernah nyaras itu tetep lebih baik… Tapi, kalau nyasar ada hikmah-nya kok.. Kita jadi tahu banyak jalan… Heheh…

Tinggalkan Balasan

