Proyek “Sangkuriang”


Hari kemarin sampai dengan hari ini adalah hari-hari yang sangat berkesan bagi saya di saat-saat hari libur kerja Sabtu-Minggu. Betapa tidak… Pada Sabtu pagi, sejak bangun sampai dengan berangkat dari rumah sekitar jam9.30an, saya harus menyiapkan berbagai pekerjaan yang harus diselesaikan sebelum terbit fajar pada hari esoknya… Yahh.. Kayak Sangkuriang saat disuruh oleh Dayang Sumbi gitu deh… Tapi saya bukan disuruh buat perahu dan bukan disuruh oleh Dayang Sumbi.. Tapi saya diminta untuk membuat sebuah sistem terintegrasi pembuatan ID Card sebuah organisasi. Saya baru dihubungi untuk membuat sistem yang sebenarnya adalah sebuah ‘barang’ bagi saya pada hari jumat malam. Dan baru mendapatkan spesifikasi outputnya pada hari Sabtu Pagi.

Sejak keluar itu, saya mencari perangkat-perangkat yang diperlukan untuk pembuatan sistem tersebut. Sebenarnya kalau dilakukan secara kontinu, tidak akan seperti sangkuriang amat sih… Tapi karena pada jam11-12 dan jam13-17nya ada acara silaturahim, ditambah lagi ada panggilan mendadak pada jam20-22 yang harus dipenuhi. Maka waktu yang diperlukan untuk membuat sistem tersebut menjadi lebih singkat. Akhirnya, Saya dan Tim sepakat untuk menyebut ini sebagai proyek “Sangkuriang”. Karena kami baru mulai efektif pada pukul 23.00 dan sistem harus sudah terinstall pada pukul7. Ditambah ketegangan dari 5 laptop yang kami gunakan, hanya 2 yang bisa efektif digunakan dan harus diselingi dengan mengotak-ngatik mesin pemanas yang kadang-kadang bermasalah.

Ok.. Waktu sudah menunjukkan pukul 5.30, saatnya kami bersiap untuk instalasi perangkat yang sudah kami buat. Alhamdulillah, berkat pertolongan Allah, kerja keras kami untuk menyelesaikan sistem ini terwujud walaupun dengan beberapa rekayasa tambahan.

Ya… Itulah hakikat dari kekuatan ikhtiar…

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

