Number Portabilty (1)


Di kalangan pelaku Telekomunikasi Indonesia saat ini, Number Portability pada sistem telekomunikasi seluler menjadi isu yang sedang hangat dibicarakan. Di beberapa negara Eropa dan Asia number portability ini sudah diterapkan sehingga memberikan keuntungan yang sangat besar bagi para pelanggannya. Sekarang bagaimana dengan Indonesia??

Sebelum kita lihat kondisi di Indonesia, baiknya kita ketahui dulu apa itu Number Portability. Singkatnya, Number Portability dalam sistem telekomunikasi seperti GSM atau CDMA adalah sebuah mekanisme yang memungkinkan para pelanggannya menggunakan layanan dari operator lain tanpa harus mengganti nomor yang sudah dimiliki (pindah operator tanpa ganti nomor atau kartu). Misalnya Anda sebagai pelanggan operator A (tentu nomor Anda mengikuti nomor operator tersebut), karena satu dan lain hal Anda ingin pindah menjadi pelanggan operator B. Dengan kondisi sekarang, tentu Anda harus membuang nomor Anda yang dari operator A tersebut. Namun, dengan Number Portability ini, ketika Anda pindah berlangganan ke operator B, maka Anda tetap dapat menggunakan nomor A tadi meskipun Anda sudah berada dalam Jaringan operator B. Hal ini dapat dilakukan dengan mengintegrasikan database pelanggan dari setiap operator. Tapi memang tidak semudah itu.

Saya pernah mengalami sistem ini ketika berada di Arab Saudi. Ketika saya tiba di sana, melalui seorang guide saya mendapat nomor GSM lokal Arab dari operator A. Karena satu dan lain hal, memaksa saya untuk memindahkan jaringan ke operator B. Dengan nomor yang sama ternyata saya tetap dapat berkomunikasi di sana meskipun berpindah-pindah jaringan. Kartu SIM dan nomor yang saya pakai masih sama.

…. bersambung ….

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Teknologi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s