Amanah Seorang Pemimpin….


Suatu hari, saya bertemu dengan sahabat dekat saya sejak SMA dulu.. Kami sudah terbiasa beraktivitas bersama. Saling menanggung dalam senang dan duka, dan kami selalu berbagi pengalaman untuk diambil hikmahnya..

Pada saat itu, saya melihat raut wajah yang sangat berat dari sahabat saya ini. Saya menangkap ada masalah berat yang sedang dihadapinya. Tanpa saya minta, dia menceritakan kesulitannya itu pada diri saya…

Saat ini dia masih menjabat sebagai Ketua sebuah divisi di organisasi yang sejak diikutinya saat ini. Namun, dia mengeluhkan tentang kondisi timnya yang tidak sehat, karena hanya optimal 40% dari seluruh anggota timnya. Suatu saat, teman saya ini menjalankan fungsi kepemimpinannya dengan menegur anggota-anggotanya yang tidak optimal. Sampai beberapa kali dia menegur mereka, karena fungsi divisi ini sangat vital terhadap keberjalanan organisasi yang diikutinya..

Sampai akhir-akhir masa kepemimpinannya inipun kondisi tersebut belum teratasi dengan baik. Hingga akhirnya, dia berpikir apakah ini memang salah dirinya? Dia merasa apakah hanya menuntut anggotanya tanpa menunaikan haknya? Ataukah dia tidak tahu hal-hal yang dikerjakan oleh anggotanya, padahal itu sangat berarti? Dan pada akhirnya dia merasa, bisa jadi sumber masalah ini adalah pada dirinya…

Dia pun menyampaikan ketakutannya pada saya, karena amanah kepemimpinannya inilah yang akan mempengaruhi amalnya di akhirat kelak. Bisa jadi dengan amanah kepemimpinannya ini dia akan mendapatkan buku catatan amal dari sebelah kirinya…

Ada hikmah yang bisa saya petik di situ bahwa sebenarnya amanah kepemimpinan bukanlah amanah yang bersifat duniawi, melainkan amanah yang akan dimintai pertanggungjawabannya di yaumul hisab kelak. Ketika sang pemimpin tidak mampu membawa anggotanya pada kebaikan maka akan beratlah hisabnya kelak. Karena ketika anggotanya berbuat salah, maka itu akan dikembalikan kepada orang yang memimpinnya…

Ya Allah, berilah kekuatan kepada sahabatku ini… !!! [PHM]

Pos ini dipublikasikan di Hikmah. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

